"SELAMAT DATANG DI HAFIDH RM BLOG" --- " Selamat Membaca"

Jumat, 30 November 2012

Langkah Digitasi Pada Peta Jogja

Digitasi adalah konversi data analog ke dalam format digital. Digitasi peta dapat dilakukan menggunakan perangkat lunak ArcView. Berikut langkah-langkah digitasi pada peta Jogja.

1. Tentukan peta yang akan kita digitasikan misalnya peta Jogja.



2. Kemudian mulai menentukan batas-batas wilayah yang akan didigitasi untuk batas wilayah secara keseluruhan. Dengan menambahkan View > Add Theme untuk membuat theme baru.


3. Seleksi batas-batasan dengan cara mengurutkan batas dengan menggunakan mouse sampai batasan tertutup semua.


4. Tentukan batas-batas kampungnya dengan menggunakan Line Tool.


5. Pada saat ingin mewarnai gambar peta Jogja yang telah mempunyai format JPEG image support, dan MNDNR streaming Digitizing extension. dengan cara File > Extension lalu kita mulai mendigitasi dengan mengklik menu Edit Tool > Edit Theme > New Poligon beri nama lalu mulai menggaris sesuai peta.


6. Setelah semua gambar peta Jogja berubah warnaya pembagian peta kemudian kita mengecek garis mana yang sudah terhubung atau garis mana yang masih terputus, karena poligon harus terhubung dan tidak boleh ada yang terputus.


7. Menggunakan beberapa tool untuk mengedit (jika titik hijau maka sudah betul, jika terdapat titik merah maka masih terjadi kesalah pada Poligon kita. Maka dari itu ada beberapa tool yang untuk membenarkan bentuk foto tersebut).


8. Ketika sebuah peta Jogja selesai diedit dan semua titik telah benar, digitasi peta sudah tidak ada yang berwarna merah maka kita lakukan finishing dan akhirnya digitasi telah selesai untuk warna yang sesuai dengan yang kita inginkan.




Silakan Tinggalkan Like dan Komentar Anda
Terima Kasih Atas Kunjungannya ^_^

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

"Terima Kasih Atas Kunjungan Anda ^_^"